LOADING...

Yunani Buka Istana Alexander Agung yang Berusia 2.400 Tahun
10 Januari 2024

Yunani Buka Istana Alexander Agung yang Berusia 2.400 Tahun

Media ETC – Pemerintah Yunani membuka kembali Istana Aigai, istana kuno yang pernah menjadi tempat tinggal Alexander Agung, pada 8 Januari 2024. Istana ini terletak di kota Vergina, di wilayah Makedonia Tengah, Yunani.

Istana Aigai dibangun pada abad ke-7 SM oleh raja Makedonia, Perdiccas II. Istana ini kemudian menjadi kediaman raja-raja Makedonia selama beberapa abad, termasuk Alexander Agung.

Pada abad ke-11 M, istana ini dihancurkan oleh gempa bumi dan terkubur oleh tanah selama berabad-abad. Pada tahun 1977, arkeolog Yunani, Manolis Andronikos, menemukan istana ini secara tidak sengaja.

Pembukaan kembali Istana Aigai ini merupakan peristiwa penting bagi Yunani dan dunia. Istana ini merupakan salah satu situs arkeologi paling penting di Yunani dan merupakan tempat tinggal salah satu tokoh paling terkenal dalam sejarah dunia, Alexander Agung.

Istana Aigai terdiri dari beberapa bangunan, termasuk istana utama, kuil, dan makam. Istana utama adalah bangunan terbesar di istana ini. Bangunan ini memiliki tiga lantai dan dihiasi dengan mosaik dan patung.

Kuil di istana ini didedikasikan untuk dewa Zeus. Kuil ini memiliki pintu masuk yang megah dan dihiasi dengan relief yang menggambarkan dewa-dewa Yunani kuno.

Makam di istana ini adalah tempat pemakaman raja-raja Makedonia. Makam ini ditemukan oleh Andronikos pada tahun 1977. Makam ini berisi makam Alexander Agung dan keluarganya.

Istana Aigai telah menjadi daya tarik wisata yang populer di Yunani. Istana ini dikunjungi oleh jutaan wisatawan setiap tahunnya.

Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang Istana Aigai:

  • Istana ini dibangun pada abad ke-7 SM dan menjadi kediaman raja-raja Makedonia selama beberapa abad.
  • Istana ini dihancurkan oleh gempa bumi pada abad ke-11 M dan terkubur oleh tanah selama berabad-abad.
  • Istana ini ditemukan kembali secara tidak sengaja oleh arkeolog Yunani, Manolis Andronikos, pada tahun 1977.
  • Istana ini terdiri dari beberapa bangunan, termasuk istana utama, kuil, dan makam.
  • Istana ini adalah salah satu situs arkeologi paling penting di Yunani dan merupakan tempat tinggal salah satu tokoh paling terkenal dalam sejarah dunia, Alexander Agung.

Kementerian Kebudayaan Yunani Ungkap Upaya Restorasi Istana Aigai

Kementerian Kebudayaan Yunani telah mengungkapkan upaya restorasi yang dilakukan untuk Istana Aigai, situs arkeologi penting yang terletak di kota Vergina, Makedonia Tengah, Yunani. Upaya restorasi ini meliputi penggalian situs, dokumentasi, dan konservasi artefak yang ditemukan.

Pada tahun 2022, Kementerian Kebudayaan Yunani memulai proyek restorasi besar-besaran di Istana Aigai. Proyek ini bertujuan untuk memulihkan situs ke kondisi aslinya dan membuatnya lebih mudah diakses oleh pengunjung.

Pada tahap pertama proyek, para arkeolog melakukan penggalian situs untuk mengungkap struktur bawah tanah yang sebelumnya tidak diketahui. Mereka juga melakukan dokumentasi situs dengan menggunakan teknologi canggih, seperti pemindaian laser dan fotogrametri.

Pada tahap kedua proyek, para arkeolog akan mulai melakukan konservasi artefak yang ditemukan di situs. Artefak-artefak ini termasuk mosaik, patung, dan benda-benda lainnya yang berusia ribuan tahun.

Pembukaan kembali Istana Aigai setelah selesainya proyek restorasi dijadwalkan pada tahun 2024.

“Istana Aigai adalah salah satu situs arkeologi paling penting di Yunani,” kata Menteri Kebudayaan Yunani, Lina Mendoni. “Upaya restorasi ini akan membantu kami untuk memahami lebih baik tentang sejarah dan budaya Makedonia Kuno.”

Proyek restorasi Istana Aigai merupakan bagian dari upaya pemerintah Yunani untuk mempromosikan pariwisata budaya. Pemerintah Yunani berharap bahwa proyek ini akan menarik lebih banyak wisatawan ke negara tersebut.

Prev Post

Danau Sipin di Jambi Terendam…

Next Post

Pungli di Rutan 93 Pegawai…

post-bars