LOADING...

UD Trucks Keluarkan Fitur Canggih Untuk Awasi Supir
10 Desember 2023

UD Trucks Keluarkan Fitur Canggih Untuk Awasi Supir

Media ETC – UD Trucks merupakan salah satu merek kendaraan yang sedang populer di dunia otomotif, produsen kendaraan komersial asal Jepang, baru-baru ini meluncurkan fitur canggih untuk mengawasi supir. Fitur ini bernama UD Intelligent Driver Monitoring System (IDMS), yang menggunakan kamera dan sensor untuk mendeteksi perilaku supir selama berkendara.

IDMS dapat mendeteksi berbagai perilaku supir yang dapat meningkatkan risiko kecelakaan, seperti mengantuk, mengemudi terlalu cepat, atau tidak fokus. Jika sistem mendeteksi perilaku tersebut, maka sistem akan memberikan peringatan kepada supir.

Fitur IDMS terdiri dari dua komponen utama, yaitu kamera dan sensor. Kamera digunakan untuk mendeteksi wajah dan mata supir. Sensor digunakan untuk mendeteksi posisi kepala, leher, dan tangan supir.

Kamera IDMS dipasang di atas dasbor, menghadap ke wajah supir. Kamera ini menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI) untuk mendeteksi ekspresi wajah supir. Jika kamera mendeteksi bahwa supir mengantuk, maka sistem akan memberikan peringatan berupa bunyi alarm dan getaran pada kursi.

Sensor IDMS dipasang di berbagai titik di kabin truk, seperti di lingkar kemudi, jok, dan dashboard. Sensor ini digunakan untuk mendeteksi posisi kepala, leher, dan tangan supir. Jika sensor mendeteksi bahwa supir tidak fokus, seperti mengoperasikan ponsel atau menyetir dengan satu tangan, maka sistem akan memberikan peringatan berupa bunyi alarm dan getaran pada kursi.

Fitur IDMS dapat membantu mengurangi risiko kecelakaan lalu lintas. Menurut data World Health Organization (WHO), kecelakaan lalu lintas merupakan penyebab kematian nomor satu di dunia. Di Indonesia, kecelakaan lalu lintas merupakan penyebab kematian nomor tiga, setelah penyakit jantung dan kanker.

Fitur IDMS telah tersedia di beberapa model truk UD Trucks, seperti New Quester, Quon, dan Croner. UD Trucks berencana untuk memasang fitur ini di semua model truknya di masa mendatang.

Manfaat Fitur IDMS

  • Meningkatkan keselamatan berkendara
  • Mengurangi risiko kecelakaan lalu lintas
  • Membantu supir untuk lebih fokus selama berkendara
  • Meningkatkan produktivitas supir

Fitur IDMS merupakan fitur canggih yang dapat membantu meningkatkan keselamatan berkendara. Fitur ini dapat membantu mengurangi risiko kecelakaan lalu lintas dan membantu supir untuk lebih fokus selama berkendara.

Prev Post

Keistimewaan dan Keindahan Taman Nasional…

Next Post

Motor Listrik Subsidi Telah Launching…

post-bars