LOADING...

TKN Resmi Laporkan Bawaslu Jakpus ke DKPP
4 Januari 2024

TKN Resmi Laporkan Bawaslu Jakpus ke DKPP

Media ETC – Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran resmi melaporkan Bawaslu Kota Jakarta Pusat (Jakpus) ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum (DKPP). Laporan tersebut dilayangkan buntut dari pemanggilan Gibran Rakabuming Raka, calon wakil presiden (cawapres) Prabowo-Gibran, oleh Bawaslu Jakpus.

Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran resmi melaporkan Bawaslu Jakarta Pusat (Jakpus) ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum (DKPP) pada Rabu (3/1/2024). Laporan tersebut dilayangkan buntut dari pemanggilan yang dilayangkan Bawaslu Jakpus kepada Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Presiden Joko Widodo, yang juga merupakan calon wakil presiden (cawapres) di Pilpres 2024.

Pemanggilan tersebut dilayangkan Bawaslu Jakpus terkait kegiatan Gibran yang membagikan susu kepada warga di arena Car Free Day (CFD) di Jalan Sudirman, Jakarta Pusat, pada Minggu (29/12/2023). Bawaslu menilai bahwa kegiatan tersebut melanggar aturan kampanye.

TKN menilai bahwa pemanggilan yang dilayangkan Bawaslu Jakpus kepada Gibran tidak profesional dan tidak sesuai dengan aturan. TKN juga menilai bahwa pemanggilan tersebut merupakan bentuk politisasi pemilihan umum.

“Kami menilai bahwa pemanggilan terhadap Gibran tidak profesional dan tidak sesuai dengan aturan. Kami juga menilai bahwa pemanggilan tersebut merupakan bentuk politisasi pemilihan umum,” kata Wakil Ketua TKN Habiburokhman dalam konferensi pers di Kantor TKN, Jakarta, Rabu (3/1/2024).

Dalam laporannya ke DKPP, TKN meminta DKPP untuk memeriksa Bawaslu Jakpus atas dugaan pelanggaran kode etik. TKN juga meminta DKPP untuk memberikan sanksi kepada Bawaslu Jakpus.

“Kami meminta DKPP untuk memeriksa Bawaslu Jakpus atas dugaan pelanggaran kode etik. Kami juga meminta DKPP untuk memberikan sanksi kepada Bawaslu Jakpus,” kata Habiburokhman.

Bawaslu Jakpus sendiri telah memberikan tanggapan atas laporan yang dilayangkan TKN. Bawaslu Jakpus menilai bahwa pemanggilan yang dilayangkan kepada Gibran adalah langkah yang tepat.

“Kami menilai bahwa pemanggilan yang dilayangkan kepada Gibran adalah langkah yang tepat. Kami juga menilai bahwa pemanggilan tersebut sesuai dengan aturan,” kata Ketua Bawaslu Jakpus Christian Nelson Pangkey.

Pangkey juga mengatakan bahwa Bawaslu Jakpus akan kooperatif dalam pemeriksaan oleh DKPP.

“Kami akan kooperatif dalam pemeriksaan oleh DKPP,” kata Pangkey.

Berita Terkini Kasus ini masih dalam proses pemeriksaan oleh DKPP. DKPP akan memberikan keputusannya dalam waktu yang akan datang.

Prev Post

Libur Tahun Baru 2024, 7…

Next Post

Siap Bertualang di Sulawesi Ubah…

post-bars