LOADING...

Resep Pempek Adaan Khas Palembang yang Gurih dan Lezat
7 Januari 2024

Resep Pempek Adaan Khas Palembang yang Gurih dan Lezat

Media ETC – Pempek adalah salah satu makanan khas Palembang yang sangat populer. Pempek memiliki banyak jenis, salah satunya adalah pempek adaan. Pempek adaan berbentuk bulat dan terbuat dari adonan ikan dan tepung tapioka. Pempek adaan memiliki rasa yang gurih dan nikmat.

Pempek adaan bisa dibuat sendiri di rumah. Cara membuatnya tidak terlalu sulit, hanya butuh beberapa bahan dan langkah sederhana. Berikut adalah resep pempek adaan khas Palembang yang gurih dan gampang dibuat:

Bahan-bahan:

  • 500 gram ikan tenggiri, giling halus
  • 250 gram tepung tapioka
  • 100 gram bawang merah, cincang halus
  • 2 butir telur
  • 1 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1/4 sendok teh penyedap rasa (opsional)
  • Air secukupnya

Cara membuat:

  1. Campurkan ikan tenggiri giling, bawang merah cincang, telur, garam, merica bubuk, dan penyedap rasa (jika menggunakan). Aduk rata.
  2. Tuang air sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga adonan kalis.
  3. Bentuk adonan menjadi bulat-bulat kecil.
  4. Goreng pempek adaan dalam minyak panas hingga matang dan berwarna kuning kecokelatan.
  5. Sajikan pempek adaan dengan cuko dan pelengkap lainnya, seperti mie, mentimun, dan timun.

Tips:

  • Gunakan ikan tenggiri segar agar pempek adaan memiliki rasa yang lebih gurih.
  • Tambahkan penyedap rasa secukupnya sesuai selera.
  • Goreng pempek adaan dalam minyak panas dengan api sedang agar tidak gosong.

Pempek adalah salah satu makanan kuliner khas Palembang yang sangat populer. Pempek terbuat dari adonan ikan dan tepung tapioka yang digoreng. Pempek memiliki banyak jenis, seperti pempek kapal selam, pempek lenjer, pempek adaan, pempek keriting, dan sebagainya.

Pempek sudah ada sejak zaman Kerajaan Sriwijaya. Konon, pempek pertama kali dibuat oleh seorang perantau Tionghoa bernama Liem Sie Kong. Liem Sie Kong merupakan seorang pedagang ikan yang sering berjualan di pasar. Suatu hari, dia tidak memiliki cukup uang untuk membeli minyak goreng untuk menggoreng ikan. Akhirnya, dia menggunakan tepung tapioka untuk menggoreng adonan ikan. Ternyata, adonan ikan yang digoreng dengan tepung tapioka memiliki rasa yang gurih dan enak. Sejak saat itu, pempek mulai dikenal dan populer di Palembang.

Pempek biasanya disajikan dengan cuko, yaitu saus berwarna hitam yang terbuat dari gula merah, cabai rawit, asam jawa, dan bawang putih. Cuko memiliki rasa yang pedas, asam, dan manis yang menyegarkan. Pempek juga sering disajikan dengan pelengkap lainnya, seperti mie, mentimun, dan timun.

Pempek merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang sudah mendunia. Pempek sering dijadikan sebagai oleh-oleh khas Palembang. Pempek juga sering dijumpai di berbagai kota di Indonesia.

Prev Post

Nasi Putih Bisa Menaikkan Berat…

Next Post

Enea Bastianini Gagal Memenuhi Ekspektasi…

post-bars