LOADING...

Perjalanan Ekspor Benih Lobster: Dulu Dilarang, Kini Bakal Dibuka Lagi
19 Desember 2023

Perjalanan Ekspor Benih Lobster: Dulu Dilarang, Kini Bakal Dibuka Lagi

Media ETC – Ekspor benih lobster merupakan salah satu komoditas ekspor yang bernilai tinggi di Indonesia. Pada tahun 2022, nilai ekspor benih lobster mencapai Rp26,5 miliar. Namun, ekspor komoditas ini sempat dilarang oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti pada tahun 2021.

Kebijakan larangan ekspor benih lobster ini bertujuan untuk menjaga kelestarian sumber daya lobster di Indonesia. Susi Pudjiastuti menilai bahwa ekspor benih lobster akan berdampak negatif terhadap populasi lobster di Indonesia.

Susi Pudjiastuti juga berpendapat bahwa larangan Bisnis ekspor benih lobster akan mendorong pengembangan budidaya lobster di dalam negeri. Hal ini karena pembudidaya lobster di Indonesia tidak perlu lagi bersaing dengan pembudidaya lobster di luar negeri untuk mendapatkan benih lobster.

Kebijakan larangan ekspor benih lobster ini mendapat dukungan dari berbagai pihak, termasuk dari kalangan nelayan dan pembudidaya lobster. Namun, kebijakan ini juga menuai kritik dari beberapa pihak, termasuk dari kalangan pengusaha.

Pengusaha menilai bahwa larangan ekspor benih lobster akan merugikan mereka. Mereka berpendapat bahwa larangan ekspor benih lobster akan membuat mereka sulit untuk mendapatkan benih lobster berkualitas untuk budidaya.

Pada tahun 2023, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono berencana untuk membuka kembali ekspor benih lobster. Trenggono menilai bahwa larangan ekspor benih lobster selama dua tahun telah memberikan dampak negatif terhadap budidaya lobster di dalam negeri.

Trenggono mengatakan bahwa pembukaan kembali ekspor benih lobster akan dilakukan secara bertahap. Pada tahap awal, ekspor benih lobster hanya akan dilakukan untuk kepentingan budidaya.

Trenggono juga mengatakan bahwa pemerintah akan menerapkan sejumlah aturan untuk menjaga kelestarian sumber daya lobster di Indonesia. Aturan-aturan tersebut antara lain berupa kuota penangkapan benih lobster, ukuran benih lobster yang boleh ditangkap, dan persyaratan izin penangkapan benih lobster.

Rencana pembukaan kembali ekspor benih lobster ini mendapat tanggapan beragam dari berbagai pihak. Sebagian pihak menyambut baik rencana tersebut, sementara sebagian pihak lainnya masih mempertanyakannya.

Pihak yang menyambut baik rencana tersebut berpendapat bahwa pembukaan kembali ekspor benih lobster akan mendorong pengembangan budidaya lobster di dalam negeri. Mereka juga berpendapat bahwa pembukaan kembali ekspor benih lobster akan memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat.

Sementara itu, pihak yang mempertanyakan rencana tersebut berpendapat bahwa pembukaan kembali ekspor benih lobster akan berdampak negatif terhadap populasi lobster di Indonesia. Mereka juga berpendapat bahwa pembukaan kembali ekspor benih lobster akan merugikan pembudidaya lobster di dalam negeri.

Terlepas dari pro dan kontra yang ada, rencana pembukaan kembali ekspor benih lobster ini akan menjadi salah satu kebijakan penting yang akan diambil oleh pemerintah dalam bidang kelautan dan perikanan. Kebijakan ini akan berdampak signifikan terhadap kelestarian sumber daya lobster di Indonesia dan pengembangan budidaya lobster di dalam negeri.

Prev Post

PAN Pamerkan ‘KTA’ Presiden Jokowi,…

Next Post

Viral! Penjual Donat di Bali…

post-bars