LOADING...

Perhatian! Beli LPG 3 Kg Wajib Pakai KTP, Pendaftaran hingga 31 Mei 2024
16 Januari 2024

Perhatian! Beli LPG 3 Kg Wajib Pakai KTP, Pendaftaran hingga 31 Mei 2024

Media ETC – Pemerintah melalui Kementerian ESDM telah menetapkan bahwa pembelian LPG 3 kg wajib menggunakan KTP. Penetapan ini tertuang dalam Peraturan Menteri ESDM Nomor 23 Tahun 2022 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri ESDM Nomor 3 Tahun 2020 tentang Penyediaan dan Pendistribusian LPG Tertentu.

Berita Terkini pendaftaran pembelian LPG 3 kg menggunakan KTP telah dibuka sejak 1 Juli 2022 dan akan berakhir pada 31 Mei 2024. Masyarakat yang ingin membeli LPG 3 kg wajib mendaftarkan diri terlebih dahulu dengan menunjukkan KTP kepada agen atau pangkalan LPG.

Adapun persyaratan pendaftaran LPG 3 kg menggunakan KTP adalah sebagai berikut:

  • Memiliki KTP yang masih berlaku
  • Memiliki rekening bank
  • Memiliki nomor telepon yang aktif

Masyarakat yang telah terdaftar dapat membeli LPG 3 kg di agen atau pangkalan LPG terdekat dengan menunjukkan KTP dan struk pendaftaran.

Kebijakan pembelian LPG 3 kg menggunakan KTP bertujuan untuk memastikan penyaluran LPG 3 kg tepat sasaran dan mencegah terjadinya penyalahgunaan. Kebijakan ini juga diharapkan dapat menekan harga LPG 3 kg di pasaran.

Kebijakan pembelian LPG 3 kg menggunakan KTP telah berdampak positif terhadap penyaluran LPG 3 kg. Berdasarkan data Kementerian ESDM, penyaluran LPG 3 kg di tahun 2022 mencapai 72,38 juta ton, naik 2,31% dibandingkan tahun 2021.

Kebijakan ini juga telah membantu menekan harga LPG 3 kg di pasaran. Berdasarkan data Kementerian Perdagangan, harga rata-rata LPG 3 kg di pasaran pada bulan Desember 2022 sebesar Rp12.500 per tabung, turun 1,3% dibandingkan bulan November 2022.

Kebijakan pembelian LPG 3 kg menggunakan KTP merupakan kebijakan yang tepat sasaran dan efektif dalam menekan harga LPG 3 kg di pasaran. Kebijakan ini diharapkan dapat terus dipertahankan demi memastikan penyaluran LPG 3 kg tepat sasaran dan terjangkau oleh masyarakat.

Direktur Pembinaan Usaha Hilir Minyak dan Gas Bumi Ditjen Migas Kementerian ESDM Mustika Pratiwi mengatakan, pada awalnya pendaftaran KTP dibuka hanya sampai 31 Januari 2024. Namun, karena masih banyak masyarakat yang belum mendaftar, pemerintah berencana memperpanjang tenggat waktu pendaftaran hingga 31 Mei 2024.

“Pemerintah ingin memastikan bahwa penyaluran LPG 3 kg tepat sasaran, sehingga perlu dilakukan pendataan secara akurat. Pendaftaran KTP ini juga bertujuan untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan,” ujar Mustika dalam keterangannya, Selasa (16/1/2024).

Mustika menambahkan, masyarakat yang belum mendaftar dapat mendaftarkan diri ke agen atau pangkalan LPG terdekat. Masyarakat yang mendaftar akan mendapatkan nomor identitas pelanggan (NIK) yang akan digunakan untuk membeli LPG 3 kg.

“Masyarakat yang sudah terdaftar dapat membeli LPG 3 kg di agen atau pangkalan LPG terdekat dengan menunjukkan KTP dan NIK,” ujar Mustika.

Kebijakan pembelian LPG 3 kg menggunakan KTP ini telah diberlakukan sejak 1 Januari 2024. Kebijakan ini bertujuan untuk memastikan penyaluran LPG 3 kg tepat sasaran dan mencegah terjadinya penyalahgunaan.

Prev Post

Hasto Bagi Telur Tolak Disamakan…

Next Post

Tahukah Kamu 7 Tempat Wisata…

post-bars