LOADING...

Pembatalan Klarifikasi Gibran soal Bagi-bagi Susu di CFD
28 Desember 2023

Pembatalan Klarifikasi Gibran soal Bagi-bagi Susu di CFD

Media ETC – Gibran Rakabuming Raka, calon wakil presiden nomor urut 2, akan menjalani pemeriksaan di Bawaslu Jakarta Pusat terkait dugaan pelanggaran pemilu dalam kegiatannya membagikan susu di area car free day (CFD) Jakarta pada hari ini Kamis 28 Desember 2023. Dalam pemeriksaan tersebut, Gibran didampingi oleh kuasa hukumnya, Hotman Paris Hutapea namun di batalkan.

Gibran menjelaskan bahwa kegiatan pembagian susu tersebut merupakan kegiatan sosial murni dan tidak ada unsur kampanye. Ia mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan inisiatif dari salah satu rekan bisnisnya yang ingin berbagi kepada masyarakat yang tengah menikmati CFD.

“Kegiatan itu bukan kampanye, tapi kegiatan sosial murni. Bukan acara kampanye, bukan acara politik,” kata Gibran.

Gibran juga mengatakan bahwa kegiatan pembagian susu tersebut tidak menggunakan atribut partai politik maupun simbol-simbol kampanye. Ia juga tidak menggunakan pengeras suara untuk menyampaikan pesan politik.

“Tidak ada atribut partai, tidak ada simbol-simbol kampanye, tidak ada pengeras suara,” kata Gibran.

Klarifikasi Gibran tersebut ditanggapi oleh Bawaslu Jakarta Pusat. Bawaslu menilai bahwa klarifikasi Gibran sudah cukup menjelaskan bahwa kegiatan pembagian susu tersebut tidak ada unsur kampanye.

“Klarifikasi Gibran sudah cukup menjelaskan bahwa kegiatan tersebut tidak ada unsur kampanye,” ujar Ketua Bawaslu Jakarta Pusat, Christian Nelson Pangkey.

Berdasarkan hasil rapat pleno Bawaslu Jakarta Pusat pada Kamis (28/12/2023), Bawaslu memutuskan untuk membatalkan pemeriksaan Gibran terkait dugaan pelanggaran pemilu dalam kegiatan pembagian susu tersebut.

“Iya (dibatalkan). Hasil Rapat Pleno Bawaslu Jakarta Pusat tadi dianggap (klarifikasi yang dilakukan) sudah cukup,” ujar Christian.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jakarta Pusat membatalkan pemeriksaan calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka terkait dugaan pelanggaran pemilu dalam kegiatannya membagikan susu di area car free day (CFD) Jakarta.

Christian menjelaskan bahwa dalam rapat pleno tersebut, Bawaslu Jakarta Pusat mempertimbangkan hasil klarifikasi Gibran yang telah dilakukan pada Selasa (27/12/2023). Dalam klarifikasinya, Gibran menyatakan bahwa kegiatan pembagian susu tersebut merupakan kegiatan sosial murni dan tidak ada unsur kampanye.

“Klarifikasi Gibran sudah cukup menjelaskan bahwa kegiatan tersebut tidak ada unsur kampanye,” ujar Christian.

Puadi mengatakan bahwa pembatalan tersebut dilakukan setelah Bawaslu mempertimbangkan hasil klarifikasi Gibran. Dalam klarifikasinya, Gibran menyatakan bahwa kegiatan pembagian susu tersebut merupakan kegiatan sosial murni dan tidak ada unsur kampanye.

Puadi juga mengatakan bahwa Bawaslu tidak menemukan bukti yang cukup untuk membuktikan bahwa kegiatan pembagian susu tersebut merupakan kampanye terselubung. Bawaslu menilai bahwa kegiatan tersebut tidak menggunakan atribut partai politik maupun simbol-simbol kampanye. Selain itu, kegiatan tersebut juga tidak menggunakan pengeras suara untuk menyampaikan pesan politik.

Dengan demikian, Bawaslu memutuskan untuk membatalkan pemeriksaan Gibran terkait dugaan pelanggaran pemilu dalam kegiatan pembagian susu tersebut.

Prev Post

Selangkah Lebih Maju Prabowo-Gibran Dapat…

Next Post

China Resmi Investasi Ekosistem Baterai…

post-bars