LOADING...

Nasi Putih Bisa Menaikkan Berat Badan? Begini Penjelasannya
6 Januari 2024

Nasi Putih Bisa Menaikkan Berat Badan? Begini Penjelasannya

Media ETC – Nasi putih adalah makanan pokok bagi sebagian besar orang Indonesia. Namun, ada anggapan bahwa nasi putih bisa membuat berat badan cepat naik. Benarkah demikian?

Secara umum, nasi putih adalah sumber karbohidrat yang tinggi. Karbohidrat adalah makronutrien yang menyediakan energi bagi tubuh. Namun, jika dikonsumsi berlebihan, karbohidrat dapat diubah menjadi lemak dan disimpan di dalam tubuh.

Selain itu, nasi putih juga memiliki indeks glikemik yang tinggi. Indeks glikemik adalah ukuran seberapa cepat makanan dapat meningkatkan kadar gula darah. Makanan dengan indeks glikemik tinggi dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah, yang kemudian diikuti dengan penurunan kadar gula darah yang cepat. Hal ini dapat menyebabkan rasa lapar dan keinginan untuk makan lebih banyak.

Namun, perlu diingat bahwa kenaikan berat badan tidak hanya disebabkan oleh konsumsi karbohidrat. Faktor lain yang juga berperan dalam kenaikan berat badan adalah asupan kalori secara keseluruhan, aktivitas fisik, dan faktor genetik.

Jadi, apakah nasi putih bikin berat badan cepat naik? Jawabannya adalah tidak, asalkan dikonsumsi dalam jumlah yang wajar. Satu porsi nasi putih (sekitar 100 gram) mengandung sekitar 170 kalori. Jika Anda mengonsumsi nasi putih sebanyak 2-3 porsi per hari, maka asupan kalori Anda akan bertambah sekitar 340-510 kalori. Jumlah kalori ini masih tergolong wajar, asalkan Anda mengimbanginya dengan aktivitas fisik yang cukup.

Berikut adalah beberapa tips untuk mengonsumsi nasi putih dengan bijak agar tidak menyebabkan kenaikan berat badan:

  • Konsumsi nasi putih dalam jumlah yang wajar. Satu porsi nasi putih (sekitar 100 gram) adalah jumlah yang cukup untuk satu kali makan.
  • Kombinasikan nasi putih dengan makanan lain yang kaya akan serat, seperti sayuran, buah-buahan, atau kacang-kacangan. Serat dapat membantu menunda pengosongan lambung dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.
  • Batasi konsumsi makanan manis dan berlemak. Makanan manis dan berlemak dapat meningkatkan asupan kalori Anda secara keseluruhan.
  • Lakukan aktivitas fisik secara teratur. Aktivitas fisik dapat membantu membakar kalori dan mencegah kenaikan berat badan.

Nasi Putih Mengandung Kalori Tinggi

Satu porsi nasi putih (sekitar 100 gram) mengandung sekitar 170 kalori. Jika Anda mengonsumsi nasi putih sebanyak 2-3 porsi per hari, maka asupan kalori Anda akan bertambah sekitar 340-510 kalori. Jumlah kalori ini masih tergolong wajar, asalkan Anda mengimbanginya dengan aktivitas fisik yang cukup.

Namun, jika Anda memiliki Aktivitas fisik yang rendah, maka asupan kalori tersebut dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

Nasi Putih Memiliki Indeks Glikemik Tinggi

Nasi putih memiliki indeks glikemik yang tinggi, yaitu sekitar 64. Indeks glikemik adalah ukuran seberapa cepat makanan dapat meningkatkan kadar gula darah. Makanan dengan indeks glikemik tinggi dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah, yang kemudian diikuti dengan penurunan kadar gula darah yang cepat.

Penurunan kadar gula darah yang cepat dapat menyebabkan rasa lapar dan keinginan untuk makan lebih banyak. Hal ini dapat meningkatkan asupan kalori Anda secara keseluruhan dan menyebabkan kenaikan berat badan

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda bisa tetap menikmati nasi putih tanpa perlu khawatir akan kenaikan berat badandan gangguan pada kesehatan anda.

Prev Post

Siap Bertualang di Sulawesi Ubah…

Next Post

Resep Pempek Adaan Khas Palembang…

post-bars