LOADING...

Kontroversi Iklan Zara yang Diduga Dukung Hina Palestina
12 Desember 2023

Kontroversi Iklan Zara yang Diduga Dukung Hina Palestina

Media ETC – Merek fashion asal Spanyol, Zara, menjadi sorotan dunia pada awal tahun 2023. Hal ini dikarenakan Zara diduga mendukung Israel dalam konfliknya dengan Palestina.

Zara adalah merek fashion internasional yang berasal dari Spanyol. Merek ini didirikan oleh Amancio Ortega pada tahun 1975. Zara merupakan salah satu merek fashion terbesar di dunia, dengan lebih dari 7.500 toko di lebih dari 96 negara.

Sorotan ini bermula dari unggahan iklan Zara di media sosial Instagram. Dalam iklan tersebut, terlihat seorang model mengenakan pakaian yang menyerupai pakaian tradisional Palestina. Namun, model tersebut terlihat seperti sedang membawa benda yang menyerupai mayat.

Unggahan iklan ini pun langsung menuai kecaman dari masyarakat Palestina dan pendukung Palestina di seluruh dunia. Mereka menilai bahwa iklan tersebut menyinggung dan merendahkan perjuangan rakyat Palestina.

Zara pun langsung menghapus iklan tersebut dari media sosial. Namun, hal tersebut tidak membuat kecaman terhadap Zara mereda. Bahkan, warganet pun mulai menyerukan boikot terhadap Zara.

Boikot terhadap Zara ini pun semakin gencar setelah muncul informasi bahwa pendiri Zara, Amancio Ortega, memiliki hubungan yang dekat dengan Israel. Ortega diketahui pernah menyumbangkan dana untuk Israel Defense Forces (IDF), pasukan militer Israel.

Zara sendiri telah membantah tuduhan bahwa mereka mendukung Israel. Pihak Zara mengatakan bahwa iklan tersebut tidak dimaksudkan untuk menyinggung atau merendahkan rakyat Palestina.

Namun, kecaman terhadap Zara masih terus berlanjut hingga saat ini. Hal ini menunjukkan bahwa konflik Israel-Palestina masih menjadi isu yang sensitif di dunia internasional.

Berikut adalah beberapa faktor yang membuat Zara menjadi sorotan dunia karena diduga mendukung Israel:

  • Unggahan iklan yang menyinggung

Unggahan iklan Zara yang menyinggung perjuangan rakyat Palestina ini merupakan salah satu faktor utama yang membuat Zara menjadi sorotan dunia.

  • Hubungan pendiri Zara dengan Israel

Informasi bahwa pendiri Zara, Amancio Ortega, memiliki hubungan yang dekat dengan Israel juga semakin memperkuat tuduhan bahwa Zara mendukung Israel.

  • Konflik Israel-Palestina yang masih sensitif

Konflik Israel-Palestina yang masih sensitif di dunia internasional juga turut menjadi faktor yang membuat Zara menjadi sorotan dunia.

Kasus Zara ini menunjukkan bahwa merek-merek internasional perlu berhati-hati dalam mengambil sikap terkait isu-isu yang sensitif, seperti konflik Israel-Palestina.

Prev Post

Balita 3 Tahun Dianiaya Pacar…

Next Post

Kali Ketiga: Artis Ammar Zoni…

post-bars