LOADING...

Jokowi Belum Tunjuk Wamenkeu Baru Usai Eddy Hiariej Mundur
11 Desember 2023

Jokowi Belum Tunjuk Wamenkeu Baru Usai Eddy Hiariej Mundur

Media ETC – Presiden Joko Widodo (Jokowi) hingga kini belum menunjuk Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Wamenkumham) baru, setelah Eddy Hiariej mengundurkan diri pada 20 Juli 2023 lalu.

Eddy Hiariej mengundurkan diri karena ingin fokus pada karier akademisnya. Ia sebelumnya menjabat sebagai Guru Besar Hukum Pidana Universitas Gadjah Mada (UGM).

Meski sudah lebih dari tiga bulan, Jokowi belum menunjuk pengganti Eddy Hiariej. Hal ini menimbulkan spekulasi di kalangan pengamat politik.

Salah satu spekulasi yang berkembang adalah Jokowi sedang mencari sosok yang tepat untuk mengisi posisi tersebut. Jokowi ingin memastikan bahwa sosok yang dipilih memiliki kapasitas dan integritas yang mumpuni.

Spekulasi lain yang berkembang adalah Jokowi sedang menunggu waktu yang tepat untuk mengumumkan pengganti Eddy Hiariej. Jokowi ingin memastikan bahwa pengisian posisi tersebut tidak menimbulkan polemik di masyarakat.

Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko mengatakan bahwa Jokowi masih terus mencari sosok yang tepat untuk mengisi posisi Wamenkeu.

“Pak Presiden masih mencari sosok yang tepat. Beliau ingin memastikan bahwa sosok yang dipilih memiliki kapasitas dan integritas yang mumpuni,” kata Moeldoko di Jakarta, Senin (11/7/2023).

Moeldoko juga mengatakan bahwa Jokowi tidak ingin pengisian posisi Wamenkeu menimbulkan polemik di masyarakat.

“Pak Presiden juga ingin memastikan bahwa pengisian posisi tersebut tidak menimbulkan polemik di masyarakat,” kata Moeldoko.

Sementara itu, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly mengatakan bahwa pengisian posisi Wamenkeu merupakan kewenangan Presiden.

“Itu kewenangan Presiden. Beliau yang akan memutuskan siapa yang akan menjadi Wamenkeu,” kata Yasonna di Jakarta, Senin (11/7/2023).

Yasonna mengatakan bahwa pihaknya tetap menjalankan tugas-tugasnya meski belum ada Wamenkeu baru.

“Kami tetap menjalankan tugas-tugas kami. Kami tidak terganggu dengan belum adanya Wamenkeu,” kata Yasonna.

Prev Post

7 Rekomendasi Tempat Wisata Jembatan…

Next Post

Prabowo-Gibran Unggul Politik Semakin Memanas!

post-bars