LOADING...

Jelang Libur Nataru Kemenkes RI Siagakan 15 Ribu Faskes
22 Desember 2023

Jelang Libur Nataru Kemenkes RI Siagakan 15 Ribu Faskes

Media ETC – Menjelang tahun baru dan natal, masyarakat Indonesia mulai mempersiapkan diri untuk merayakan momen tersebut. Bagi umat Kristiani, Natal merupakan hari raya untuk memperingati kelahiran Yesus Kristus, Sang Juru Selamat. Sementara itu, tahun baru merupakan momen untuk menyambut tahun yang baru dengan penuh harapan.

Perayaan Natal dan tahun baru biasanya dirayakan dengan berbagai kegiatan, seperti ibadah, kumpul keluarga, dan liburan. Untuk ibadah, umat Kristiani akan menghadiri misa Natal di gereja.

Sedangkan untuk kumpul keluarga, masyarakat biasanya akan merayakan Natal bersama keluarga besar. Sementara itu, untuk liburan, masyarakat biasanya akan berlibur ke tempat-tempat wisata atau mengunjungi keluarga yang tinggal jauh.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) menyiagakan 15 ribu fasilitas kesehatan (faskes) menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023-2024. Faskes tersebut terdiri dari rumah sakit, puskesmas, klinik, dan pos kesehatan.

“Kami telah menyiapkan 15 ribu faskes di seluruh Indonesia untuk mengantisipasi lonjakan kasus penyakit, baik penyakit menular maupun tidak menular,” kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (22/12).

Menkes Budi menjelaskan, faskes tersebut akan dilengkapi dengan tenaga kesehatan, obat-obatan, dan alat kesehatan yang memadai. Selain itu, faskes juga akan diarahkan untuk melakukan pemeriksaan dan vaksinasi COVID-19.

“Kami juga akan melakukan pemeriksaan dan vaksinasi COVID-19 di pos-pos pengamanan,” kata Menkes Budi.

Menkes Budi mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan selama libur Nataru. Masyarakat diimbau untuk menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

“Kami mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan selama libur Nataru. Jika merasa sakit, segera ke faskes terdekat,” kata Menkes Budi.

Berikut adalah rincian faskes yang disiapkan Kemenkes RI menjelang libur Nataru 2023-2024:

  • Rumah sakit: 2.200
  • Puskesmas: 7.500
  • Klinik: 5.300
  • Pos kesehatan: 1.000

Berita Terkini Pemerintah berharap dengan penyiapan 15 ribu faskes ini, masyarakat dapat tetap sehat dan terhindar dari penyakit selama libur Nataru.

Prev Post

Tetap Tenang Bunda, ini Tips…

Next Post

Instagram Trend Talk 2024: Tren…

post-bars