LOADING...

Fitur Baru QRIS Bisa Tarik Tunai Hingga Terima Bansos
8 Desember 2023

Fitur Baru QRIS Bisa Tarik Tunai Hingga Terima Bansos

Media etc – QRIS, atau Quick Response Code Indonesian Standard, merupakan standar QR Code nasional yang dikembangkan oleh Bank Indonesia (BI). QRIS dapat digunakan untuk berbagai macam transaksi, baik offline maupun online.

Baru-baru ini, BI meluncurkan fitur baru pada QRIS, yaitu transfer dan tarik tunai. Fitur ini memungkinkan pengguna QRIS untuk melakukan transfer dana antar bank dan tarik tunai dari ATM menggunakan QRIS.

Selain itu berita finansial, BI juga bekerja sama dengan Kementerian Sosial (Kemensos) untuk memanfaatkan fitur QRIS dalam penyaluran bantuan sosial (bansos). Dengan fitur ini, penerima bansos dapat melakukan pencairan bansos secara non tunai melalui QRIS.

Fitur Transfer dan Tarik Tunai

Fitur transfer pada QRIS memungkinkan pengguna untuk melakukan transfer dana antar bank dengan mudah dan cepat. Pengguna hanya perlu memindai QR Code penerima transfer, kemudian memasukkan jumlah transfer dan PIN.

Sedangkan tarik tunai pada fitur baru QRIS memungkinkan pengguna untuk melakukan tarik tunai dari ATM menggunakan QRIS. Pengguna hanya perlu memindai QR Code di ATM, kemudian memasukkan jumlah tarik tunai dan PIN.

Fitur Pencairan Bansos

Dengan fitur QRIS, penerima bansos dapat melakukan pencairan bansos secara non tunai melalui QRIS. Untuk melakukan pencairan bansos, penerima bansos hanya perlu memindai QR Code yang diberikan oleh petugas Kemensos.

Pemanfaatan fitur QRIS dalam penyaluran bansos ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas penyaluran bansos. Selain itu, fitur ini juga diharapkan dapat memudahkan penerima bansos dalam mencairkan bansos.

Potensi Penerimaan Bansos Melalui QRIS

Fitur baru QRIS juga berpotensi untuk digunakan dalam penyaluran bantuan sosial (bansos). Dengan fitur ini, masyarakat dapat menerima bansos secara nontunai melalui QRIS.

Pemanfaatan QRIS untuk penyaluran bansos memiliki beberapa keunggulan, antara lain:

  • Kemudahan: Masyarakat dapat menerima bansos dengan mudah dan cepat melalui QRIS.
  • Keamanan: Transaksi bansos melalui QRIS lebih aman, karena menggunakan metode keamanan yang canggih.
  • Efisiensi: Penyaluran bansos melalui QRIS lebih efisien, karena tidak memerlukan biaya administrasi.

Dengan berbagai keunggulannya, fitur baru QRIS diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia dan meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Prev Post

Honda Accord RS Hybrid Diklaim…

Next Post

Guardiola Dukung Guendogan Jadi Manajer…

post-bars