LOADING...

Firli Bahuri Minta Dewas KPK Tunda Sidang Etik
14 Desember 2023

Firli Bahuri Minta Dewas KPK Tunda Sidang Etik

Media ETC – Jakarta, 14 Desember 2023 – Ketua nonaktif Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri meminta Dewan Pengawas (Dewas) KPK menunda sidang etik terhadap dirinya yang sedianya digelar perdana hari ini, Kamis (14/12/2023).

Berita Terkini, dalam surat yang dilayangkan ke Dewas KPK, Firli beralasan bahwa sidang etik tersebut tidak dapat dilanjutkan karena dirinya masih menjalani sidang praperadilan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

“Bahwa dengan masih berlangsungnya sidang praperadilan, maka akan mempengaruhi kelancaran dan objektivitas pemeriksaan,” demikian bunyi surat Firli yang dikutip dari CNNIndonesia.com.

Surat Firli tersebut diterima Dewas KPK pada Rabu (13/12/2023) malam. Dewas KPK pun memutuskan untuk menunda sidang etik tersebut hingga ada putusan praperadilan dari Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

“Dewas KPK menunda sidang etik terhadap Firli Bahuri sampai ada putusan praperadilan,” kata Ketua Dewas KPK M. Syafruddin dalam keterangannya.

Sebelumnya, Dewas KPK telah menetapkan Firli sebagai tersangka dugaan pelanggaran kode etik terkait penyalahgunaan fasilitas dinas. Firli diduga menggunakan fasilitas dinas untuk kepentingan pribadi, yaitu menghadiri acara pernikahan putrinya di Bali pada 2021.

Saat ini Firli juga tengah menghadapi proses pidana di Polda Metro Jaya terkait dugaan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL). Dalam kasus tersebut, Firli telah ditetapkan sebagai tersangka.

Firli minta sidang etik dilakukan setelah 18 Desember 2023. Syamsuddin mengatakan, pengajuan tersebut akan di pertimbangkan oleh Dewas KPK untuk mengatur jadwal kembali.

Penetapan Firli sebagai tersangka oleh Dewas KPK mendapat tanggapan beragam dari berbagai pihak. Ada yang mendukung langkah Dewas KPK, namun ada pula yang menilai bahwa langkah tersebut merupakan upaya melemahkan KPK.

Sebagai informasi, Firli Bahuri merupakan Ketua KPK periode 2019-2023. Ia terpilih kembali sebagai Ketua KPK dalam pemilihan yang digelar pada 22 Desember 2022. Namun, Firli kemudian mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Ketua KPK pada 13 Juli 2023.

Permintaan penundaan sidang etik Firli Bahuri oleh Dewas KPK masih menjadi polemik. Ada yang menilai bahwa permintaan tersebut wajar, namun ada pula yang menilai bahwa permintaan tersebut merupakan upaya untuk mengulur waktu dan menghindari proses hukum.

Prev Post

Prabowo Singgung Kasus Penanganan HAM,…

Next Post

Viral Puluhan Remaja Bawa Clurit…

post-bars