LOADING...

Danau Kakaban, Surga Ubur-ubur, Keelokan Alam Kalimantan Timur
20 Desember 2023

Danau Kakaban, Surga Ubur-ubur, Keelokan Alam Kalimantan Timur

Media ETC – Kalimantan Timur merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki kekayaan alam yang luar biasa, mulai dari hutan hujan tropis, pegunungan, hingga lautan yang luas. Salah satu destinasi wisata alam yang terkenal di Kalimantan Timur adalah Danau Kakaban.

Danau Kakaban terletak di Pulau Kakaban, Kepulauan Derawan, Kecamatan Maratua, Kabupaten Berau. Danau ini terbentuk dari air laut yang terperangkap di dalam cekungan tanah akibat penurunan permukaan tanah selama jutaan tahun. Air laut tersebut kemudian bercampur dengan air hujan dan air tanah, sehingga menjadi danau air payau.

Keunikan Danau Kakaban adalah keberadaan ubur-ubur yang tidak menyengat. Ubur-ubur tersebut merupakan spesies ubur-ubur air tawar yang telah beradaptasi dengan air payau di danau ini. Ubur-ubur ini telah hidup di Danau Kakaban selama jutaan tahun, tanpa predator, sehingga mereka kehilangan kemampuan menyengat.

Terdapat dua jenis ubur-ubur yang hidup di Danau Kakaban, yaitu ubur-ubur bulan (Aurelia aurita) dan ubur-ubur kotak (Chrysaora quinquecirrha). Ubur-ubur bulan memiliki warna kuning cerah dengan tentakel yang panjang. Ubur-ubur kotak memiliki warna oranye dengan tentakel yang pendek dan lebih padat.

Selain ubur-ubur, Danau Kakaban juga dihuni oleh berbagai jenis biota laut lainnya, seperti ikan, kepiting, dan udang. Danau ini juga merupakan tempat penangkaran penyu belimbing, salah satu spesies penyu yang terancam punah.

Danau Kakaban merupakan salah satu destinasi wisata alam yang wajib dikunjungi di Kalimantan Timur. Pengunjung dapat menikmati keindahan Danau Kakaban dengan berenang bersama ubur-ubur, snorkeling, atau diving.

Berikut adalah beberapa tips untuk berkunjung ke Danau Kakaban:

  • Waktu terbaik untuk berkunjung ke Danau Kakaban adalah pada bulan Mei hingga Oktober, saat cuaca cerah dan air laut tenang.
  • Pilihlah operator wisata yang terpercaya untuk mengantarkan Anda ke Danau Kakaban.
  • Bawalah perlengkapan snorkeling atau diving yang memadai.
  • Perhatikan keselamatan Anda saat berenang bersama ubur-ubur.

Dengan keindahan alamnya dan keunikan ubur-ubur yang tidak menyengat, Danau Kakaban merupakan destinasi wisata alam yang sayang untuk dilewatkan.

Prev Post

Viral! Penjual Donat di Bali…

Next Post

Rider Yamaha Fabio Quartararo tidak…

post-bars