LOADING...

Berikut 5 Makanan Ringan yang Bantu Bikin Tidur Malam Berkualitas
13 Januari 2024

Tahukah Kamu? 5 Makanan Ringan Dapat Bantu Bikin Tidur Malam Kamu Berkualitas

Media ETC – Tidur yang berkualitas sangat penting untuk kesehatan fisik dan mental. Namun, banyak orang yang mengalami kesulitan tidur, baik sulit untuk tertidur atau sering terbangun di tengah malam.

Selain menerapkan pola tidur yang sehat, seperti tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, serta menghindari kafein dan alkohol sebelum tidur, Anda juga bisa mengonsumsi makanan ringan yang dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak.

Berikut ini adalah 5 makanan ringan yang bisa Anda coba:

1. Buah-buahan

Buah-buahan kaya akan vitamin, mineral, dan serat yang baik untuk kesehatan. Beberapa buah-buahan juga mengandung melatonin, yaitu hormon yang membantu mengatur siklus tidur-bangun.

Buah-buahan yang baik untuk tidur malam antara lain:

  • Pisang mengandung melatonin dan triptofan, asam amino yang membantu tubuh menghasilkan serotonin, hormon yang dapat meningkatkan suasana hati dan membuat Anda merasa rileks.
  • Kiwi juga mengandung melatonin dan serotonin. Selain itu, kiwi juga kaya akan vitamin C yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Nanas mengandung bromelain, enzim yang dapat membantu menenangkan pikiran dan otot.
  • Jeruk mengandung vitamin C dan potasium yang dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak.

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan sumber protein, serat, dan lemak sehat yang baik untuk tubuh. Kacang-kacangan juga mengandung magnesium, mineral yang dapat membantu tubuh rileks dan meningkatkan kualitas tidur.

Kacang-kacangan yang baik untuk tidur antara lain:

  • Kacang almond mengandung melatonin, magnesium, dan vitamin E yang dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak.
  • Kacang kenari mengandung melatonin, asam lemak omega-3, dan vitamin B6 yang dapat membantu meningkatkan kualitas tidur.
  • Kacang mete mengandung magnesium, asam lemak omega-3, dan vitamin B6 yang dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak.

3. Yogurt

Yogurt merupakan sumber protein, kalsium, dan probiotik yang baik untuk kesehatan. Probiotik adalah bakteri baik yang dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan dan meningkatkan kualitas tidur.

Yogurt yang baik untuk tidur antara lain:

  • Yogurt Yunani mengandung protein yang lebih tinggi daripada yogurt biasa. Protein dapat membantu Anda merasa kenyang dan mencegah Anda makan berlebihan sebelum tidur.
  • Yogurt dengan buah-buahan mengandung melatonin dan serat dari buah-buahan yang dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak.

4. Oatmeal

Oatmeal merupakan sumber karbohidrat kompleks yang baik untuk tubuh. Karbohidrat kompleks dapat membantu Anda merasa kenyang dan mencegah Anda makan berlebihan sebelum tidur.

Oatmeal yang baik untuk tidur antara lain:

  • Oatmeal dengan susu mengandung melatonin dan protein dari susu yang dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak.
  • Oatmeal dengan buah-buahan mengandung melatonin dan serat dari buah-buahan yang dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak.

5. Susu

Susu merupakan sumber kalsium, protein, dan melatonin yang baik untuk kesehatan. Kalsium dan protein dapat membantu Anda merasa kenyang dan mencegah Anda makan berlebihan sebelum tidur. Sementara itu, melatonin dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak.

Susu yang baik untuk tidur antara lain:

  • Susu hangat dapat membantu Anda merasa rileks dan meningkatkan kualitas tidur.
  • Susu dengan madu mengandung melatonin dan triptofan yang dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak.

Itulah 5 makanan ringan yang bisa Anda coba untuk membantu Anda tidur lebih nyenyak. Namun, penting untuk diingat bahwa mengonsumsi makanan ringan sebelum tidur tidak boleh berlebihan. Konsumsi makanan ringan secukupnya agar tidak mengganggu pencernaan dan menyebabkan Anda terbangun di tengah malam.

Prev Post

Anies dan Prabowo Puji Megawati,…

Next Post

Rider VR46 Marco Bezzecchi Ingin…

post-bars