LOADING...

Bau Menyengat di Cilegon Masih Terjadi, Warga 3 Kecamatan Terdampak
20 Januari 2024

Bau Menyengat di Cilegon Masih Terjadi, Warga 3 Kecamatan Terdampak

Media ETC – Cilegon, Banten – Bau menyengat yang diduga berasal dari pabrik kimia di kawasan industri Cilegon masih terjadi hingga Minggu (21/1/2024). Bau menyengat tersebut sudah dirasakan oleh warga di tiga kecamatan, yaitu Ciwandan, Citangkil, dan Grogol.

Bau menyengat tersebut membuat warga Cilegon merasa pusing, mual, dan muntah. Beberapa warga bahkan harus dilarikan ke rumah sakit.

“Baunya menyengat sekali, sampai bikin pusing dan mual,” kata salah seorang warga, Asep.

“Saya sampai muntah-muntah,” kata warga lainnya, Maryam.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cilegon, Sabri, mengatakan bahwa bau menyengat tersebut diduga berasal dari pabrik kimia PT Chandra Asri Petrochemicals. Pabrik tersebut terletak di kawasan industri Cilegon.

Sabri mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan pemeriksaan ke PT Chandra Asri Petrochemicals. Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa pabrik tersebut sedang melakukan flaring, yaitu pembakaran gas yang tidak dapat digunakan kembali.

“Flaring memang menghasilkan bau yang menyengat,” kata Sabri.

Sabri mengatakan bahwa pihaknya telah meminta PT Chandra Asri Petrochemicals untuk mengurangi durasi flaring. Selain itu, pihaknya juga meminta pabrik tersebut untuk memasang alat penyaring udara untuk mengurangi dampak bau menyengat.

“Kami akan terus memantau aktivitas pabrik tersebut,” kata Sabri.

Warga Cilegon berharap agar pemerintah dapat segera menyelesaikan masalah bau menyengat tersebut. Mereka khawatir jika bau tersebut terus berlanjut akan membahayakan kesehatan mereka.

Penyebaran Bau Menyengat

Bau menyengat yang berasal dari pabrik kimia PT Chandra Asri Petrochemicals tersebut menyebar ke setidaknya tiga kecamatan di Kota Cilegon, yaitu Ciwandan, Citangkil, dan Grogol.

Kecamatan Ciwandan merupakan kecamatan yang paling terdampak bau menyengat tersebut. Kecamatan ini merupakan lokasi pabrik PT Chandra Asri Petrochemicals.

Berita Terkin bau menyengat tersebut juga dirasakan oleh warga di Kecamatan Citangkil dan Grogol. Kedua kecamatan ini terletak di sekitar kawasan industri Cilegon.

Warga yang terdampak bau menyengat tersebut mengeluhkan berbagai masalah kesehatan. Mereka merasa pusing, mual, muntah, dan sesak napas.

Beberapa warga bahkan harus dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan.

Warga yang terdampak bau menyengat tersebut juga khawatir akan dampak jangka panjang dari bau tersebut. Mereka khawatir akan mengalami gangguan kesehatan yang lebih serius.

Pemerintah Kota Cilegon telah melakukan berbagai upaya untuk mengatasi masalah bau menyengat tersebut.

Pemerintah telah meminta PT Chandra Asri Petrochemicals untuk mengurangi durasi flaring. Selain itu, pemerintah juga meminta pabrik tersebut untuk memasang alat penyaring udara.

Pemerintah juga telah melakukan sosialisasi kepada warga tentang bahaya bau menyengat. Pemerintah mengimbau warga untuk tetap tenang dan tidak panik.

Pemerintah Kota Cilegon akan terus memantau aktivitas pabrik PT Chandra Asri Petrochemicals. Pemerintah akan mengambil tindakan tegas jika pabrik tersebut melanggar peraturan yang berlaku.

Prev Post

Pelarangan Bawa Koper Airwheel ke…

Next Post

8 Cara Memulai Bisnis Kuliner…

post-bars