LOADING...

7 Nutrisi Penting untuk Menjaga Kesehatan Kulit dari Dalam
10 Desember 2023

7 Nutrisi Penting untuk Menjaga Kesehatan Kulit dari Dalam

Media ETC – Kulit merupakan organ tubuh terbesar yang berfungsi sebagai pelindung tubuh dari berbagai macam faktor lingkungan, seperti sinar matahari, polusi, dan bakteri. Selain itu, kulit juga berperan dalam menjaga suhu tubuh, mengatur produksi keringat, dan menghasilkan vitamin D.

Sudahkah kita benar menjalani lifetsyle keseharian kita dengan baik? Untuk menjaga kesehatan kulit, diperlukan asupan nutrisi yang cukup dari dalam tubuh. Berikut adalah beberapa nutrisi penting yang harus dipenuhi untuk menjaga kesehatan kulit:

  • Vitamin A

Vitamin A berperan penting dalam menjaga dan kecantikan, karena dapat membantu: * Menjaga produksi sebum, yaitu minyak alami yang berfungsi untuk melembapkan dan melindungi kulit. * Mempercepat penyembuhan luka. * Meningkatkan produksi kolagen, yaitu protein yang berfungsi untuk menjaga kekencangan dan elastisitas kulit.

Sumber vitamin A yang baik antara lain: * Wortel * Ubi jalar * Bayam * Alpukat * Hati sapi

  • Vitamin C

Vitamin C merupakan antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul yang tidak stabil yang dapat merusak sel-sel tubuh, termasuk sel-sel kulit.

Vitamin C juga berperan penting dalam: * Meningkatkan produksi kolagen. * Membantu penyerapan zat besi. * Membantu menjaga produksi melanin, yaitu pigmen yang memberi warna pada kulit.

Sumber vitamin C yang baik antara lain: * Jeruk * Kiwi * Stroberi * Paprika * Brokoli

  • Vitamin E

Vitamin E juga merupakan antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, vitamin E juga berperan penting dalam: * Menjaga kelembapan kulit. * Membantu penyembuhan luka. * Membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Sumber vitamin E yang baik antara lain: * Minyak zaitun * Alpukat * Kacang-kacangan * Biji-bijian * Sayuran berdaun hijau

  • Asam lemak omega-3

Asam lemak omega-3 merupakan jenis lemak esensial yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh. Asam lemak omega-3 berperan penting dalam: * Menjaga kelembapan kulit. * Membantu mengurangi peradangan. * Membantu melindungi kesehatan kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Sumber asam lemak omega-3 yang baik antara lain: * Ikan salmon * Tuna * Mackerel * Sarden * Biji-bijian

Selain nutrisi-nutrisi di atas, nutrisi lain yang juga penting untuk kesehatan kulit antara lain:

  • Vitamin D

Vitamin D berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit, karena dapat membantu: * Meningkatkan produksi kolagen. * Membantu penyerapan kalsium. * Membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Sumber vitamin D yang baik antara lain: * Ikan salmon * Tuna * Sarden * Telur * Jamur

  • Zinc

Zinc merupakan mineral yang berperan penting dalam: * Membantu penyembuhan luka. * Membantu menjaga produksi melanin. * Membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Sumber zinc yang baik antara lain: * Daging merah * Ikan * Telur * Kacang-kacangan * Biji-bijian

  • Serat

Serat berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit, karena dapat membantu: * Menjaga kesehatan pencernaan. * Membantu mengeluarkan racun dari tubuh.

Sumber serat yang baik antara lain: * Sayuran * Buah-buahan * Kacang-kacangan * Biji-bijian

Untuk menjaga kesehatan kulit, penting untuk mengonsumsi makanan yang seimbang dan kaya akan nutrisi-nutrisi di atas. Selain itu, juga penting untuk menjaga gaya hidup yang sehat, seperti:

  • Tidur yang cukup
  • Olahraga secara teratur
  • Hindari paparan sinar matahari yang berlebihan
  • Gunakan tabir surya saat beraktivitas di luar ruangan

Dengan menerapkan hal-hal di atas, Anda dapat menjaga kesehatan kulit dari dalam dan luar.

Prev Post

Oversize Tetap Mendominasi Tren Fashion…

Next Post

Khofifah Indar Parawansa Resmi Terima…

post-bars