LOADING...

5 Cara Cerdas Merespon Perilaku Tidak Ramah Mertua Saat Liburan
10 Desember 2023

5 Cara Cerdas Merespon Perilaku Tidak Ramah Mertua Saat Liburan

Media ETC – Liburan bersama keluarga besar adalah momen yang menyenangkan untuk melepas penat dan menghabiskan waktu bersama orang-orang terkasih. Namun, tak jarang momen ini justru menjadi momen yang menegangkan, terutama jika Anda menghadapi perilaku tidak ramah dari mertua.

Perilaku tidak ramah mertua bisa berupa berbagai hal, mulai dari komentar-komentar negatif, sikap yang mengontrol, hingga tindakan yang menyinggung. lifestyle ini tentu dapat membuat Anda merasa tidak nyaman dan kesal.

Lantas, bagaimana cara cerdas untuk merespon perilaku tidak ramah mertua saat liburan? Berikut beberapa tipsnya:

1. Tetap tenang dan sabar

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah tetap tenang dan sabar. Jangan terpancing emosi, karena hal ini justru akan memperburuk situasi.

Cobalah untuk memahami bahwa perilaku tidak ramah mertua mungkin disebabkan oleh beberapa hal, seperti perbedaan budaya, perbedaan pendapat, atau bahkan sekadar rasa canggung.

2. Bicarakan dengan pasangan

Setelah Anda merasa tenang, segera bicarakan masalah ini dengan pasangan Anda. Minta pasangan Anda untuk membantu Anda memahami perilaku mertua dan mencari solusi yang tepat.

Pasangan Anda dapat berperan sebagai mediator antara Anda dan mertua. Ia dapat menjelaskan kepada mertua bahwa perilakunya tidak pantas dan dapat melukai perasaan Anda.

3. Tetapkan batasan

Jika perilaku mertua terus berlanjut, Anda perlu menetapkan batasan yang jelas. Berikan mertua tahu bahwa Anda tidak akan menerima perilakunya yang tidak ramah.

Anda dapat mulai dengan hal-hal sederhana, seperti meminta mertua untuk tidak memberikan komentar negatif tentang Anda atau pasangan Anda. Jika mertua tidak menghormati batasan Anda, Anda perlu mengambil tindakan tegas, seperti membatasi waktu kebersamaan dengan mertua.

4. Fokus pada hal-hal positif

Jangan biarkan perilaku tidak ramah mertua merusak liburan Anda. Fokuslah pada hal-hal positif, seperti menghabiskan waktu bersama pasangan dan keluarga inti Anda.

Anda juga dapat mencoba untuk mencari kegiatan yang dapat Anda lakukan sendiri atau bersama pasangan, sehingga Anda tidak perlu berinteraksi terlalu banyak dengan mertua.

5. Konsultasikan dengan profesional

Jika Anda merasa kesulitan untuk menghadapi perilaku tidak ramah mertua, Anda dapat berkonsultasi dengan profesional, seperti psikolog atau konselor keluarga.

Profesional dapat membantu Anda memahami penyebab perilaku mertua dan memberikan tips-tips untuk menghadapinya.

Merespon perilaku tidak ramah mertua saat liburan memang tidak mudah. Namun, dengan cara-cara yang cerdas, Anda dapat mengatasinya dengan baik dan tetap menjaga hubungan yang baik dengan keluarga dan mertua.

Prev Post

Viral Anak Gunting Uang Asli,…

Next Post

Persaingan Ketat Menuju Pilpres 2024

post-bars